Cari:     Pencarian canggih
Lihat di kategori:
Hubungi Kami

APRESIASI DRAMA

Sance A. Lamusu, 3 2004
Pengarang : Sance A. Lamusu
Tahun Terbit : 2004
Halaman : 87-107
Keyword : apresiasi, drama
Tambah komentar
DIlihat: 684
Voting: 2
Komentar: 0
Abstract:

Apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau kepekaan batin serta pemahaman dan pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan penulis atau pengarang. Apresiasi drama merupakan kegiatan penonton, mendengar dan membaca atau menikmati sebuah drama baik berupa teks maupun pementasan drama.

Drama merupakan karya fiksi yang memiliki unsur-unsur intrinsic yang tidak jauh berbeda dengan unsur-unsur intrinsic prosi fiksi. Unsur-unsur intrinsic drama: 1) polot, 2) penokohan dan perwatakan, 3) dialog, 4) setting, 5) tema, 6) gerak atau action, 7) tata busana dan tata rias, 8) tata panggung, dan 9) tata bunyi dan tata sinar.

Jenis-jenis drama terdiri atas: drama tragedy, drama komedi, melodrama, dan farce. Pada setiap drama tragedy terdapat suatu tekad bulat dari orang yang berhati baja, orang yang berbudi luhur untuk mengorbankan dirinya menantang segala kejahilian dan kebobrokan. Selain itu terdapat tokoh yang disebut dngan tragic hero. Drama komedi adalah drama ringan yang sifatnya menghibur dan didalamnya terdapat dialok kocak yang bersifat menyindir dan biasanya berakhir dengan kebahagiaan. Melodrama adalah sesuatu lakon yang sangat sentimental dengan tokoh dan cerita mendebarkan hati dan mengharukan. Farce disebut pula dengan dagelan atau banyolan, juga disebut drama komedi yang muharam atau picisan, atau tontonan konyol atau tontonan muharam

Key words : apresiasi, drama
Artikel lain di Volume ini
document AN ANALYSISON THE STUDENTS ERRORS IN USINGSIMPLE PAST TENSE
document TEKNIK MEMAHAMI PUISI
document PARIWISATA, KESEMPATAN BERUSAHA DAN LAPANGAN KERJA



RSS