Cari:     Pencarian canggih
Lihat di kategori:
Hubungi Kami

ANALISIS PERCAKAPAN ANAK-ANAK TK DAMHIL IKIP NEGERI GORONTALO

FATMAH AR. UMAR, 3 2004
Pengarang : FATMAH AR. UMAR
Tahun Terbit : 2004
Halaman : 213-224
Keyword :
Tambah komentar
DIlihat: 907
Voting: 0
Komentar: 0
Abstract: Dalam percakapan anak-anak tidak di terapkan semua prinsip kerja sama secara mutlak selama percakapan mereka berlangsung. Masalah yang di kaji adalah (1) bagaimanakah cara kerja gaya percakapan bahsa yang di hasilkan oleh anak-anak TK  DAMHIL IKIP NEGERI GORONTALO?, (2) bagaimanakah teknik alih tutr wacana percakapan yang di hasilkan oleh anak-anak TK DAMHIL IKIP NEGERI GORONTALO?, (3) topik-topik apa sajakah yang di bicarakan oleh anak-anak TK DAMHIL IKIP NEGERI GORONTALO?. DAta di jaring dengan menggunakan data rekaman dan obsevasi. Observasi yang di lakukan adalah observasi berperan serta.Selanjutnya data yang tidak dapat di jaring dengan pengamatan dan rekaman di jaring dengan kamera foto serta wawancara bebas. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, cara kerja gaya percakapan anak-anak TK DAMHIL IKIP Negeri Gorontalo telah mampu menciptakan percakapan yang padu meskipun belum seluruhnya. Dalam hal ini dapat di lihat pada percakapan mereka mengandung: (1) meta pesan (makna), (2) informasi dan kesopanan, yang terdiri atas (a) tidak memaksa, (b) memberikan pilihan, (c) bersikap ramah, (3) berbicara satu lawan satu. Kedua, teknik alih tutur yang di lakukan oleh anak-anak TK DAMHIL IKIP Negeri Gorontalo, yaitu secara bergantian. Ketiga, toipk percakapan anak-anak terdiri atas beberapa topik secara bergantian. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka di sarankan : (1) penelitian ini perlu di tingkatkan dan di perluas, (2) dalam percakapan perlu memperhatikan jarak, dan (3) di dalam percakapan perlu memperhatikan prinsip kesopanan, kejujuran, kebenaran dan keterbukaan.
Key words :
Artikel lain di Volume ini
document Aspek Religius Dalam Naskah Tinilo
document ALIH DAN CAMPUR KODE DALAM SURAT KABAR
document PENGAJARAN BAHASA MELALUI INTERNET
document THE STUDENTS' PROBLEMS IN TRANSLATING DICTION OF ENGLISH TEXT INTO INDONESIAN"
document KATA BENDA BAHASA TOLAKI
document PEMBERDAYAAN MEDIA INSTRUKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIAVASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI MUATAN LOKAL
document SOSIOLINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
document PENGELOLAAN KURIKULUM BERBASIS MADRASAH /SEKOLAH
document POKOK-POKOK PIKIRAN TENTANG PENGAJARAN MENGARANG DI SEKOLAH
document STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN ANALISIS PUISI
document MYTHS OF THE ORIGINAL SUBSTANCE AND LIFE AFTER DEATH ACROSS CULTURES
document EMPLOYING DISCOURSE ANALYSIS DEVICES TO INTERPRET POETRY: AN ALTERNATIVE
document PARADIGMA PEMBELAJARAN SASTRA MENUJU KEMANDIRIAN LOKAL
document ACQUIRING THE TARGET CULTURE WITHIN EFL LEARNING CONTEXTS
document DISCOURSE ANALYSIS AND ITS APPLICATION TO THE TEACHING ENGLISH WRITING
document PENGAJARAN SASTRA BERBASIS KAWASAN
document PROFIL PENGAJARAN SASTRA
document PIRANTI-PIRANTI KEWACANAAN UNTUK MEMAHAMI TUTRAN DAN TEKS
document ERRORS ANALYSIS IN USING PERSONAL PRONOUNS POSSESSIVE PRONOUNS AND POSSESSIVE ADJECTIVES



RSS